Kamis, 22 April 2010

Perbedaan Arsitek dan Seniman

Apa perbedaan arsitek dan seniman???

Nah,... pertanyaan itu yang pernah dilontarkan dosen saya waktu saya mengikuti perkuliahan Studio Perancangan Arsitektur III, sebelumnya saya ga pernah berpikir untuk membedakan antara arsitek dan seniman....... kira-kira apa ya perbedaannya????

Arsitek dan Seniman mempunyai pekerjaan yang hampir sama, yaitu membuat suatu karya yang bernilai Estetika. jadi untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus tahu terlebih dahulu dasar pemikiran Arsitek dan Seniman.

Arsitek :
Menurut Marcus Vitruvius Pollio, ada 3 dasar pemikiran Arsitek, yaitu Utilitas, Firmitas dan Venustas. Utilitas bisa diartikan sebagai fungsi, maksudnya disini ialah Arsitek harus mengetahui Kegunaan bangunan yang akan ia desain.

Firmitas bisa diartikan sebagai Kekokohan, jadi firmitas berkaitan dengan Struktur, struktur merupakan hal yang sangat vital dalam suatu bangunan, tentu saja keselamatan pengunjung/owner saat berada di dalam bangunan, tergantung pada kelayakan struktur tersebut.
Venustas berkaitan dengan Keindahan atau Estetika, jadi vernutas berhubungan erat dengan seni.
Jadi, yang di (jual) arsitek yaitu Fungsi, Struktur dan Estetika

Seniman :
Sedangkan Seniman (Ukir, Lukis dll) hanya mempunyai dasar pemikiran Venustas, karena pekerjaan seniman hanyalah membuat suatu benda, lagu ataupun lainnya untuk menjadi sesuatu yang mempunyai nilai seni/estetika, sehingga yang dijual seniman hanyalah Seni/Estetika yang ia hasilkan.


Nah, itu lah perbedaan antara ARSITEK dan SENIMAN.....(menurut versi saya dan dosen saya)...

sumber : -

11 komentar:

Anonim mengatakan...

saya setuju dgn pe ndapat dari Tn.marcus

mutea mengatakan...

gag juga sekarang ada seniman yang jurusannya desain,
desain kan juga merancang untuk orang lain ,,,,
tidak sedkedar kepuasan atau keindahan saja tetapi mereka juga merancang keinginan rang lain begitu pula dengan konsep- k0nsepnya,

Imron Septiantori mengatakan...

@Mutea - Terima kasih sudah mampir ke Blog saya, menurut saya ya setiap individu mempunyai pemikirannya masing-masing, menurut pemikiran pak/bu Mutea seperti itu... Maaf, sebelumnya saya belum tetapi mengerti, maksudnya jurusan Desain apa ya? apa Desain Produk atau bagaimana? kalo kalo desain Produk, apakah seorang "Desainer Produk" masih bisa dibilang Seniman? maaf, saya masih belum memahami, soalnya saya juga masih belajar memahami tentang itu.

suluh pamungkas mengatakan...

hai ... kebetulan mampir nie ...
saya punya pemikiran bahwa seniman dan arsitek bukanlah suatu pertanyaan perbedaan karena sama2 berkerja di bidang seni, kenapa ? karena seniman banyak jenisnya, misalnya seorang pelukis di namakan pelukis, seni patung di sebut pemahat atau pematung, seni grafic di sebut seniman grafis, dan bagi bangunan di sebut orang arsitek dan seni lainya dengan nama spesialisnya. (penguat teori) arsitektur termasuk sub bagian dari seni rupa. pertanyaanya sesuaikan saja perbedaan dari profesinya baru jelas maksutnya,,, saya menelusuri di wikipedia dan menyimpulkanya " http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur " bahwa arsitktur itu adalalah seni yang sya tahu yang namanya pekerjaan di bidang seni di sebut seniman.

suluh pamungkas mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
suluh pamungkas mengatakan...

wah jadi kepikiran aja ... pertanyaanya kontroversial mas ... hahahaha kolo seni lukis, patung, tari, suara, atau semuanya yang berbau nilai semintimentil nilai rasa/pesan yang di sampaikan pada seniman masuk dalam kategori seni murni sedangkan arsitektur, grafis, yang berhubunan detail benda tersebut masuk kategori seni terapan. eh ada blog bagus yang di tinggal penghuninya kunjungi di http://architect-news.blogspot.com/2009/09/estetika-geometri-bentuk.html. trus me ...

Imron Septiantori mengatakan...

Akhirnya ada orang dari seni datang, terima kasih ya sudah datang, dan saya harap kita bisa berbagi ilmu bersama... :D:D
Ia itu maksudnya mas, perbedaan dalam thread saya ini ialah dalam hal "Profesi/Pekerjaan"... maaf jika judul postingan saya buat terpikiran...karena saya emang masih kurang ilmu, dan mesti banyak belajar

Benar kata mas Suluh, Arsitek merupakan Seni Terapan karena mendesain sebuah bangunan,tp terkadang Arsitek masih bisa menerapkan Sentuhan Seni dalam bangunan, seperti contohnya Arsitek Santiago Calatrava, beliau menciptakan bangunan (mungkin) beraliran Sculptural Architecture sehingga karya2 beliau seolah memberikan kesan "berirama"...itu mungkin karena latar belakang beliau juga merupakan Pematung dan Pelukis...

Ita P.M mengatakan...

SETUJUUU . . HAHAA

Anonim mengatakan...

numpang nanya... :)
lukisan, patung, atau karya yang lainnya yang dibuat berdasarkan pesanan misalnya lukisan atau patung seseorang masih tergolong seni murni?
karena adanya batasan2 yang membatasi proses penciptaannya..

makasih..

Imron Septiantori mengatakan...

maaf baru sempat saya balas :)

kalo menurut saya, yang seperti itu bukanlah seni murni, soalnya dibuat berdasarkan keinginan klien, dan bukan dari hati si pematung, sekali lagi itu menurut saya, tapi saya ga tahu kalo menurut teori orang seni bagaimana, saya bukan orang seni,.. :D

Heriansyah mengatakan...

Kalo belajar arsitektur itu matkulnya apa saja si?

Saya tertarik sepertinya..

Posting Komentar

 
Powered by Blogger